Panduan Instalasi

 

PETUNJUK PEMASANGAN

Persiapan

Sebelum Anda mulai memasang alat, pastikan komponen-komponen berikut  ada di dalam paket:

  1. Unit GPS Pelacak
  2. Kabel Penghubung
  3. Relay 12V/24V
  4. BukuPetunjuk Lengkap

 

——- gambar paket———

belum bisa upload gambar !!!

 

PERINGATAN !!!. Pastikan alat GPS Pelacak harus dalam keadaan mati dengan menggeser saklar kecil yang berada disebelah atas soket SIM-Card ke posisi OFF sebelum memasukkan atau mengeluarkan SIM-Card GSM agar tidak merusak alat GPS

 

 

——- gambar lagi ———

belum bisa upload gambar !!!

 

  1. Anda siapkan kartu Perdana GSM (kartu perdana yang biasa digunakan untuk HP), lalu aktifkan (registrasi) terlebih dahulu kartu perdana tersebut menggunakan HP. Kartu perdana GSM dapat Anda beli di konter-konter hp.
  2. Lalu Anda buka soket SIM-Card GSM di Unit GPS Pelacak Anda (lihat gambar dibawah). Soket  SIM-Card GSM terdapat disisi samping unit GPS
  3. Pastikan kartu SIM dengan pulsa penuh .
  4. Lalu Anda masukkan kartu perdana dengan posisi plat warna kuning harus menghadap kebawah.
  5. Tutup kembali seperti semula
  6. Lalu Anda rangkaikan komponen-komponen, lihat contoh gambar Pemasangan Unit GPS Pelacak.

 

——- gambar lagi ———

belum bisa upload gambar !!!

Pemasangan Perangkat

Pemasangan (penempatan) perangkat harus di bagian dalam kendaraan yang tersembunyi, kami sarankan memasang perangkat dilakukan oleh orang yang professional (mengerti kelistrikan pada kendaraan) .

 

Langkah-langkah Pemasangan:

 

  1. Cari kabel setrum (+) yang selalu On/Standby tanpa dikontak. Tes kabel dengan menggunakan tespen DC. Jika kabel yang di tes adalah kabel jalur setrum (+), maka tespen akan menyala. Carilah kabel yang menyala paling terang dan biasanya akan ada banyak pilihan kabel yg menyala bila dites dengan tespen, pilihlah kabel yang paling besar, atau dianjurkan untuk menggunakan multitester / AVO meter sehingga kita mendapatkan nilai yang pasti yaitu (+) 12V
  2. Jika sudah mendapatkan kabel yang ada tegangan (+) 12V maka langkah selanjutnya menghubungkan kabel tersebut ke kabel sekring. Untuk menghindari korsleting, langkah pertama adalah mencopot sekring dari kotak sekring, jadi pastikan kotak sekring kosong (tanpa sekring didalamnya). Sambungkan kabel merah perangkat dan kabel putih relay (pin 85) ke kabel (+) 12V
  3. Sambungkan kabel warna kuning unit Pelacak ke kabel kuning Relay (pin 86)
  4. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan kabel warna hijau dari unit Pelacak ke kabel starter (ACC). Cara mencari kabel starter adalah dengan menggunakan tespen DC, jika kabel yang di tes adalah kabel jalur setrum dan ketika di kontak ON maka tespen akan menyala, jika kontak di OFF maka lampu tespen akan mati.
  5. Menghubungkan kabel Relay warna hijau (pin 87a dan pin 30) ke kabel pompa bensin kendaraan.
    1. Carilah kabel pompa bensin dengan cara menstarter hingga mesin mobil hidup, cabut sekring yg kemungkinan bila sekring tersebut dicabut menyebabkan mesin mobil mati. Logikanya: jika kabel atau sekring ini diputus/dicabut maka pompa bensin tidak akan berfungsi, maka mesin mobil akan mati (off).
    2. Jika sudah ditemukan kabel tersebut, putuskanlah dengan  menggunakan tang pemotong. Setelah terputus lalu kita hubungkan kabel pompa bensin yang terputus tadi ke Relay (87a) dan (30). (kabel warna hijau relay)
    3. Pada akhirnya kabel pompa bensin yang kita putuskan tadi menjadi tersambung kembali melalui perantara Relay (87a) dan (30). Jadi relay tadi berfungsi sebagai saklar atau kabel penghubungnya.
    4. Relay ini berfungsi untuk menu perintah mematikan dan menghidupkan mesin mobil dari handphone pengendali.
    5. Keluarkan baut yang menempel ke body mobil (usahakan cari yg tersembunyi) lalu masukkan baut tersebut ke ring ground yg sebelumnya sudah tersambung ke kabel warna hitam unit Pelacak dan pasang kembali baut tersebut ke tempatnya.
    6. Pastikan Perangkat GPS tidak terhalang oleh plat besi atau logam sehingga tidak menghalangi sinyal satelit untuk bisa diterima dengan baik oleh alat
    7. Periksa kembali pengkabelan tersebut dengan benar sesuai gambar di bawah ini. Untuk setiap penyambungan kabel dianjurkan untuk menyolder dan membalutnya dengan solatif.
    8. Masukkan kartu SIM GSM yang telah diaktifkan setting GPRS-nya kedalam frame/tempatnya.
    9. Masukkan sekring ke dalam kotaknya.
    10. Unit Alat Pelacak akan berfungsi bila semua pengkabelan telah selesai dilakukan dengan benar dan indikator lampu led akan menyala menandakan supply listrik telah masuk dan perangkat siap dipergunakan (siap menerima perintah SMS)
    11. Rapikan kabel-kabel instalasi alat dengan mengikatnya menggunakan cable ties (pengikat kabel).

 

 

5.      PENYAMBUNGAN KABEL

1.     Kabel merah alat dan kabel putih relay pin 85 disambung ke aki (+) positif DC 12 volt
2.     Kabel hitam alat disambung ke aki (-) negatif atau body kendaraan
3.     kabel kuning alat disambung ke kabel kuning relay Pin 86
4.     kabel hijau alat disambung ke kabel ACC kunci kontak
5.     kabel hijau relay (pin 86a & pin 30) disambung ke pemotongan kabel pompa bensin



Tanda lampu pada perangkat

 

Warna lampu

tanda

Merah

Power/daya

Kuning

Sinyal GSM

Biru

Sinyal GPS

 

Catatan:

ketiga lampu harus menyala yang menandakan perangkat dapat bekerja normal.

Perangkat akan masuk ke modus tidur (sleep) dengan ditandai lampu mati setelah 5 menit, dan akan kembali aktif/menyala jika dilakukan panggilan dari HP pemilik

 

 

 

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN YG DIPERLUKAN UNTUK PEMASANGAN ALAT

Peralatan

 

 

 

CATATAN :

Setelah semua proses instalasi dan pemasangan selesai dan sukses, selalu cek dan jaga agar pulsa yang ada di kartu GSM/SIMCARD yang ada di Unit GPS Pelacak Anda tetap dalam masa aktif dan ada pulsanya.

Jangan biarkan kartu GSM Unit GPS Pelacak Anda tidak aktif atau dalam masa waktu tenggang.

Apabila kartu GSM pada Unit GPS Pelacak Anda tidak aktif atau dalam masa waktu tenggang. 

Anda harus reset ulang unit GPS Pelacak Anda dengan cara mengeluarkan kembali kartu GSM yang tidak aktif, dan kembali melakukan langkah-langkah TAHAP PERTAMA, kemudian Aktifkan No.Baru Kartu GSM Unit GPS Pelacak Anda, dengan mengirimkan perintah SMS dari Nomor Pengendali Anda ke Nomor GSM Unit GPS Pelacak Anda yang baru.
Command/Perintah SMS: ***[spasi]PELACAK
Contoh: *** PELACAK
Respon-SMS: No GSM Baru Unit Pelacak Anda sudah Aktif

Jika tidak ada pulsa pada kartu GSM/SIMCARD Unit GPS Pelacak Anda, maka Unit GPS Pelacak tidak bisa merespon setiap perintah SMS yang Anda kirimkan.

Copyright © 2012, Pelacak.net