Panduan Instalasi

Sebelum Anda mulai memasang alat, pastikan komponen-komponen berikut ada:
1. Unit GPS Pelacak
2. Antena GSM
3. Antena GPS
4. Kabel Penghubung
5. Buku Petunjuk Lengkap

GPS-Pelacak

TAHAP PERTAMA: PEMASANGAN NOMOR KARTU GSM UNIT GPS PELACAK

    1. Anda siapkan kartu Perdana GSM (Kartu Perdana yang biasa digunakan untuk HP), lalu anda aktifkan (REGISTRASI) terlebih dahulu kartu perdana tersebut melalui HP anda ke OPERATOR SELULAR Kartu Perdana GSM Anda. Kartu perdana GSM dapat Anda beli di konter-konter hp.
    2. Anda aktifkan fungsi GPRS Kartu Perdana GSM Anda, silahkan klik link ini Setting GPRS kartu GSM
    3. Lalu Anda buka tempat (frame) kartu SIM GSM di Unit GPS Pelacak Anda (lihat gambar dibawah). Tempat (frame) kartu SIM GSM terdapat disisi samping unit GPS, Anda tekan tombol kecil warna kuning dengan jarum agar tempat frame kartu SIM nya terbuka keluar.
    4. Lalu Anda masukkan kartu perdana/ kartu SIM GSM yang telah anda aktifkan (pada point-1) ke tempat frame kartu SIM GSM yang ada di alat GPS Pelacak Anda. (hati-hati jangan salah posisi meletakkan kartu SIM, sisi kartu SIM GSM yang ada plat kuning harus menghadap kebawah).
    5. PERINGATAN : Pastikan selama anda melakukan langkah-langkah diatas (instalasi) kartu SIM GSM, Alat GPS Pelacak anda dalam keadaan OFF (mati).
    6. Jika anda melakukan instalasi kartu SIM GSM (memasukkan kartu SIM GSM kedalam frame Kartu SIM GSM GPS Pelacak), sementara alat GPS dalam keadaan ON (hidup), kerusakan mungkin akan dapat terjadi pada Unit Pelacak Anda.
    7. Setelah anda selesai memasukkan kartu SIM GSM kedalam frame/tempatnya, tekan kembali framenya sampai tertutup rapat seperti semula.
    8. Lalu Anda rangkaikan komponen-komponen, lihat contoh gambar pada Cara Pemasangan Unit GPS Pelacak.

pasang kartu

 

 

TAHAP KEDUA: PEMASANGAN UNIT GPS PELACAK (Opsional).

  1. Cari kabel setrum (+) yang selalu On/Standby tanpa dikontak. Tes kabel dengan menggunakan tespen DC. Jika kabel yang di tes adalah kabel jalur setrum (+), maka tespen akan menyala. Carilah kabel yang menyala paling terang dan biasanya akan ada banyak pilihan kabel yg menyala bila dites dengan tespen, pilihlah kabel yang paling besar, atau dianjurkan untuk menggunakan multitester / AVO meter sehingga kita mendapatkan nilai yang pasti yaitu (+) 12V
  2. Jika sudah mendapatkan kabel yang ada tegangan (+) 12V maka langkah selanjutnya menghubungkan kabel tersebut ke kabel sekring. Untuk menghindari korsleting, langkah pertama adalah mencopot sekring dari kotak sekring, jadi pastikan kotak sekring kosong (tanpa sekring didalamnya). Sambungkan ujung kabel sekring yang satu ke kabel (+) 12V dan ujung kabel sekring yang satunya lagi ke kabel unit pelacak (warna merah) & kabel Relay (pin 86)
  3. Sambungkan kabel warna hijau unit Pelacak ke Relay (pin 85)
  4. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan kabel warna putih dari unit Pelacak ke kabel starter. Cara mencari kabel starter adalah dengan menggunakan tespen DC, jika kabel yang di tes adalah kabel jalur setrum dan ketika di kontak ON maka tespen akan menyala, jika kontak di OFF maka lampu tespen akan mati. Kupas kabel tersebut, kemudian lilit/hubungkan kabel putih unit pelacak ke kabel itu.
  5. Menghubungkan kabel Relay (pin 87a dan pin 30) ke kabel pompa bensin. Nilai dari Relay harus 12V 20A 
    • Carilah kabel pompa bensin dengan cara menstarter hingga mesin mobil hidup, cabut sekring yg kemungkinan bila sekring tersebut dicabut menyebabkan mesin mobil mati. Logikanya: jika kabel atau sekring ini diputus/dicabut maka pompa bensin tidak akan berfungsi, maka mesin mobil akan mati (off).
    • Jika sudah ditemukan kabel tersebut, putuskanlah dengan  menggunakan tang pemotong. Setelah terputus lalu kita hubungkan kabel pompa bensin yang terputus tadi ke Relay (87a) dan (30).
    • Pada akhirnya kabel pompa bensin yang kita putuskan tadi menjadi tersambung kembali melalui perantara Relay (87a) dan (30). Jadi relay tadi berfungsi sebagai saklar atau kabel penghubungnya.
    • Relay ini berfungsi untuk menu perintah mematikan dan menghidupkan mesin mobil (*** mesin,on/off) dari handphone pengendali.
  6. Keluarkan baut yang menempel ke body mobil (usahakan cari yg tersembunyi) lalu masukkan baut tersebut ke ring ground yg sebelumnya sudah tersambung ke kabel warna hitam unit Pelacak dan pasang kembali baut tersebut ke tempatnya.
  7. Sambungkan antenna GSM & antenna GPS ke unit Pelacak, dan ingatlah jangan sampai tertukar. Pastikan untuk penempatan antenna GPS jangan terhalang oleh plat besi atau logam sehingga tidak menghalangi sinyal satelit untuk bisa diterima dengan baik oleh alat
  8. Periksa kembali pengkabelan tersebut dengan benar sesuai gambar di bawah ini. Untuk setiap penyambungan kabel dianjurkan untuk menyolder dan membalutnya dengan solatif.
  9. Masukkan kartu SIM GSM yang telah diaktifkan setting GPRS-nya kedalam frame/tempatnya.
  10. Masukkan sekring ke dalam kotaknya.
  11. Unit Alat Pelacak akan berfungsi bila semua pengkabelan telah selesai dilakukan dengan benar dan indikator lampu led akan menyala merah menandakan supply listrik telah masuk.
  12. Selanjutnya lampu indikator led akan berkedip merah beberapa kali hingga akan berubah warna menjadi berkedip hijau yang menandakan Unit Pelacak siap untuk menerima perintah SMS.
  13. Rapikan kabel-kabel instalasi alat dengan mengikatnya menggunakan cable ties (pengikat kabel).

 

Diagram Pemasangan Alat Pelacak

Diagram Pemasangan Alat Pelacak

 

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN YG DIPERLUKAN UNTUK PEMASANGAN ALAT

Peralatan

 

TAHAP KETIGA: REGISTRASI DAN AKTIFASI UNIT GPS PELACAK

Nomor Pengendali adalah nomor HP Anda yang akan digunakan untuk mengirimkan SMS Command/Perintah ke unit GPS Pelacak. Sebelum Anda bisa memfungsikan HP anda sebagai pengendali, terlebih dahulu anda Registrasi/Aktifasi dulu nomor HP Pengendali dan No GSM Unit GPS Pelacak Anda. Caranya sebagai berikut :

  1. Kirim format berikut ke Nomor SIMCARD Unit GPS Pelacak Anda dari No.HP yang akan anda jadikan Nomor Pengendali :
    Command/Perintah SMS: ***[spasi]REG,Nopolisi,NamaPemilik
    Contoh: *** REG,B1753XYZ,Asep Bondowoso
  2. Pastikan Unit GPS Pelacak sudah terpasang dengan sempurna ketika Anda register Nomor Pengendali ini, dan pastikan Unit GPS Pelacak dalam keadaan ON (hidup), dan Anda berada pada tempat/ daerah yang ada sinyal GSM/sinyal HP nya.
  3. Setelah format diatas Anda kirimkan via SMS ke nomor SIMCARD Unit GPS Pelacak, Anda akan mendapatkan konfirmasi Respon-SMS: Yth Asep Bondowoso, Pelacak B 1753 XYZ telah Aktif
  4. Kemudian Anda aktifkan GPRS Unit GPS Pelacak Anda, kirim format berikut ke Nomor SIMCARD Unit GPS Pelacak Anda:
  • Command/Perintah SMS: ***[spasi]GPRS,APN,Username,Password
    Contoh: *** GPRS,telkomsel,wap,wap123
    Respon-SMS: GPRS Unit Pelacak Anda telah Aktif
Daftar APN, Username, Password Operator GSM
Operator GSM APN Username Password
Telkomsel telkomsel wap wap123
XL www.xlgprs.net xlgprs proxl
Mentari indosatgprs indosat indosat
Matrix indosat3g indosat indosat
IM3 www.indosat-m3.net gprs im3
Three (3) 3gprs 3gprs 3gprs
Axis axis axis 123456
  • Setelah Nomor Pengendali aktif barulah Anda bisa melakukan berbagai macam perintah ke unit GPS Pelacak Anda melalui HP Anda dengan cara mengirim perintah SMS.
  • Berbagai macam format command/perintah SMS selengkapnya dapat Anda lihat di Panduan Penggunaan Unit GPS Pelacak

 

CATATAN :

Setelah semua proses instalasi dan pemasangan selesai dan sukses, selalu cek dan jaga agar pulsa yang ada di kartu GSM/SIMCARD yang ada di Unit GPS Pelacak Anda tetap dalam masa aktif dan ada pulsanya.

Jangan biarkan kartu GSM Unit GPS Pelacak Anda tidak aktif atau dalam masa waktu tenggang.

Apabila kartu GSM pada Unit GPS Pelacak Anda tidak aktif atau dalam masa waktu tenggang. 

Anda harus reset ulang unit GPS Pelacak Anda dengan cara mengeluarkan kembali kartu GSM yang tidak aktif, dan kembali melakukan langkah-langkah TAHAP PERTAMA, kemudian Aktifkan No.Baru Kartu GSM Unit GPS Pelacak Anda, dengan mengirimkan perintah SMS dari Nomor Pengendali Anda ke Nomor GSM Unit GPS Pelacak Anda yang baru.
Command/Perintah SMS: ***[spasi]PELACAK
Contoh: *** PELACAK
Respon-SMS: No GSM Baru Unit Pelacak Anda sudah Aktif

Jika tidak ada pulsa pada kartu GSM/SIMCARD Unit GPS Pelacak Anda, maka Unit GPS Pelacak tidak bisa merespon setiap perintah SMS yang Anda kirimkan.

Copyright © 2012, Pelacak.net